Kisah Sosok Nasional Tjokroaminoto

Kamis, 02 April 2015 - 11:40 WIB
Kisah Sosok Nasional Tjokroaminoto
Kisah Sosok Nasional Tjokroaminoto
A A A
SUTRADARA Garin Nugroho kembali menyajikan kisah sejarah bangsa Indonesia yang akan diangkat ke layar lebar, setelah sebelumnya pada 2012 sukses menelurkan film Soegija .

Kali ini Garin mempersembahkan film berjudul Guru Bangsa Tjokroaminoto. Gala premier film ini digelar pada Selasa (31/3) malam di XXI Epicentrum. Produser, sutradara, seluruh pemain, dan kru film Guru Bangsa Tjokroaminoto tampak hadir dalam acara tersebut. Acara ini berlangsung meriah.

Suasana semakin meriah oleh teriakan penonton ketika satu per satu pemain, sutradara, dan produser berdatangan ke acara melewati karpet merah. Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut hadir mendukung pemutaran perdana film Guru Bangsa Tjokroaminoto.

Tokoh-tokoh lain yang hadir pada acara malam itu, antara lain ini mantan presiden BJ Habibie, Menkopolhukam Tedjo Edi Purjiatno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Aburizal Bakrie, dan MS Hidayat.

”Tjokroaminoto itu seorang pemimpin bangsa yang hebat dan bapak bangsa. Perjuangan dia untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia luar biasa, patut dijadikan teladan. Karena itu, film ini memberikan pandangan yang baik,” ucap Jusuf Kalla saat ditemui seusai menghadiri gala premier di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/) malam.

Film yang dibintangi Reza Rahadian, Christine Hakim, (alm.) Alex Komang, Didi Petet, dan Maia Estianty ini mengangkat kisah perjuangan dan kehidupan tokoh pergerakan nasional bangsa Indonesia bernama lengkap Raden Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto pada era 1890-1920-an. Film ini mengambil latar waktu antara tahun 1890-1920- an.

Guru Bangsa Tjokroaminoto mengetengahkan cerita sosok seorang nasionalis Tjokroaminoto yang bersama dengan tokoh Haji Samanhudi mengubah Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam yang bercita-cita mengangkat asas persamaan rakyat.

Thomasmanggalla
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4166 seconds (0.1#10.140)