Dampak Negatif Tayangan yang Wajib Diingatkan Orang Tua

Selasa, 28 April 2015 - 09:00 WIB
Dampak Negatif Tayangan yang Wajib Diingatkan Orang Tua
Dampak Negatif Tayangan yang Wajib Diingatkan Orang Tua
A A A
TIDAK sedikit tayangan sinetron saat ini yang berdampak negatif bagi perkembangan anak. Lantas, bagaimana cara orang tua menjaga buah hati mereka?

Tentu saja banyak hal yang harus diperhatikan orang tua mengingat sinetron yang tayang di televisi sering bertepatan dengan waktu belajar anak, termasuk juga mengedukasi si anak agar bisa selektif dalam memilih program. Hal ini yang dirasakan oleh Febrian Nicanor. Artis cilik yang akrab disapa Rian ini sadar betul pada efek negatif tayangan televisi. Apalagi, jika tayangan tersebut dikonsumsi anak-anak.

“Tontonan sinetron bisa membuat anak-anak mencontoh sikap negatif. Contohnya, anak-anak yang masih kecil bisa tahu tentang cinta dan pacaran, padahal kan belum waktunya,” ujarnya saat ditemui Okezone di acara MNC Kids Vaganza di Gandaria City, Jakarta, Minggu (26/4).

Selain gaya berpakaian yang tidak patut dicontoh, Rian berpendapat sinetron saat ini banyak menyajikan adegan kekerasan. Meski begitu, runner-up Indonesian Idol Junior ini juga tidak setuju kalau anak-anak disajikan tontonan kartun terusmenerus, apalagi sampai membuat lupa waktu. Di rumahnya, orang tua Rian memang tidak membatasi tayangan televisi yang ditonton. Akan tetapi, kebebasan ini bukannya tanpa tanggung jawab.

Orang tuanya justru membebaskan karena percaya anaknya yang sedang beranjak remaja sudah bisa menilai baik dan buruk suatu hal. “Orang tua berpikirnya saya sudah tidak perlu diingatkan karena sudah besar,” pungkasnya, bijak.

(okezone)
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5919 seconds (0.1#10.140)