5 RS di Tangerang diputus program Jamkesda

Rabu, 21 Agustus 2013 - 10:17 WIB
5 RS di Tangerang diputus program Jamkesda
5 RS di Tangerang diputus program Jamkesda
A A A
Sindonews.com - Sebanyak lima Rumah Sakit (RS) di Kota Tangerang yang masuk dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) diputus kerjasamanya. Empat dari lima RS yang diputus adalah Sari Asih Grup.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Lili Indrawati membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, memang ada lima RS yang diputus kerjasamanya, yaitu RS Sari Asih Karawaci, RS Sari Asih Sangiang, RS Sari Asih Ciledug, RS Ar Rahmah dan RS Hermina.

"Ada lima yang diputus untuk sementara. Pemutusan ini dilakukan karena anggaran sudah habis. Dimana alokasi Rp50 miliar untuk program ini sudah terserap semuanya, bahkan sudah ada hutang Rp40 miliar ke rumah sakit," kata Lili saat ditemui di kantornya, Tangerang, Rabu (21/8/2013).

Saat ditanya mengapa hanya lima dari 32 RS yang diputus kerjasamanya secara mendadak hari ini, Lili mengatakan, kelima RS yang dimaksud menyerap anggaran paling banyak untuk program kesehatan gratis bagi masyarakatnya.

"Untuk RS Sari Asih memang paling banyak, Seperti Ar Rahmah saja hampir Rp10 miliar, belum RS lainnya," terangnya.

Dia mengatakan, lima RS yang diputus mulai hari ini akan diikuti 28 RS lainnya secara bertahap.

"Mulai hari ini masyarakat yang mempergunakan program ini tidak bisa menggunakan program Jamkesda di lima RS tersebut, kecuali hemodialisa," tegasnya.

Saat ditanya bagaimana dengan kondisi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan program ini di lima RS dimaksud, dia menyatakan, masyarakat bisa mendatangi RS lainnya yang masih terkait dengan hubungan kerja sama.

"Mau bagaimana lagi kondisinya seperti ini," tuturnya sambil tidak menjawab bagaimana nasib masyarakat yang hendak mempergunakan program jamkesda di RS dimaksud.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6086 seconds (0.1#10.140)