Lihat dari Dekat Kontribusi Ajinomoto untuk Kurangi Dampak Lingkungan lewat Penerapan Bisnis Berkelanjutan

Jum'at, 10 Februari 2023 - 12:27 WIB
"Kami juga akan mulai mengurangi batubara yang digunakan untuk membuat steam. Pelepasan CO2 batubara cukup tinggi. Maka, untuk menekan pelepasan CO2 itu, kami berencana memanfaatkan residu pertanian. Ini sedang dikembangkan risetnya," tambah Yudho.

Tak hanya itu, Ajinomoto melalui Agridev Department juga sudah menghasilkan kemasan kertas yang lebih ramah lingkungan untuk sebagian produknya. Tak ketinggalan segala bentuk aktivitas yang berprinsip eco cycle. Seperti misalnya dengan memanfaatkan sisa makanan dari kantin perusahaan untuk diolah kembali menjadi pakan ternak serta menghasilkan co-product dari sisa produksi MSG Ajinomoto berupa pupuk tanaman bernama Amina dan Ajifol.

"Jadi hampir 100 persen limbah tidak terbuang karena diolah ulang," timpal Ferry Eko, Manajer Agridev Department PT Ajinomoto Indonesia.

Tak sekadar memproduksi pupuk, Ajinomoto juga aktif mengedukasi para petani tentang manfaat dan cara mengaplikasikan pupuk Ajifol pada tanaman seperti padi dan jagung menggunakan drone. Seperti yang terlihat saat SINDOnews datang ke Desa Gayam, Kecamatan Bangsal, Mojokerto, pada Kamis (9/2/2023) kemarin.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More