Benarkah TAR Lebih Berbahaya dari Nikotin? Begini Penjelasannya

Senin, 15 Mei 2023 - 10:37 WIB
"Asap rokok adalah komponen yang berbahaya dalam aktivitas merokok karena mengandung senyawa kimia yang sifatnya karsinogenik, seperti TAR," kata Khotib.

Agar terhindar atau mengurangi paparan TAR, perokok dewasa disarankan untuk meninggalkan kebiasaan merokok. Namun, apabila mengalami kesulitan, bisa mencoba untuk beralih ke produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik atau sejenisnya.

Untuk produk tembakau yang dipanaskan dan vape, keduanya menerapkan sistem pemanasan yang dapat mengurangi risiko dari paparan komponen kimia.

"Berdasarkan penelitian, filter 0,45 mikron yang ditempatkan pada produk tembakau yang dipanaskan tetap bersih. Sedangkan filter 0,45 mikron pada rokok berubah menjadi hitam. Artinya produk tembakau alternatif dapat menjadi pilihan bagi perokok untuk mengurangi risiko kesehatan," paparnya.



Kendati profil risikonya lebih rendah, Khotib menegaskan bahwa produk tembakau altenatif tidak sepenuhnya bebas risiko. Untuk itu, produk tersebut tidak ditujukan bagi non-perokok, perempuan hamil dan menyusui, maupun anak-anak.
(nug)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More