6 Makanan yang Menurunkan Gula Darah dalam 2 Minggu, Tinggi Serat

Senin, 24 Juli 2023 - 05:00 WIB
Baca Juga: 4 Herbal yang Cepat Menurunkan Gula Darah, Aman untuk Penderita Diabetes

Sementara efek pasti dari serat prebiotik pada gula darah akan bergantung pada metabolisme unik dan mikrobioma usus Anda. Penelitian pun menunjukkan beberapa efek yang menjanjikan.

“Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menemukan bahwa mengonsumsi 10 gram inulin, sejenis serat prebiotik, per hari selama dua minggu mengurangi kadar gula darah postprandial (setelah makan) sebesar 8,5 persen pada orang dewasa yang kelebihan berat badan,” jelasnya.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal yang sama menemukan mengonsumsi 21 gram oligofruktosa, jenis serat prebiotik lainnya per hari selama empat minggu mengurangi kadar gula darah puasa sebesar 7,6 persen. Temuan ini terjadi pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2.

Dilansir dari Express, Senin (24/7/2023) pakar menambahkan bahwa beberapa tingkat penurunan kadar gula darah akan dialami setiap kali memasukkan sumber serat prebiotik ke dalam makanan Anda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!