5 Penyebab Asam Urat, Wajib Dihindari sebelum Terlambat!

Selasa, 08 Agustus 2023 - 06:30 WIB


2. Sering Konsumsi Makanan Manis

Siapa sangka, makanan manis juga bisa jadi penyebab terjadinya asam urat. Para peneliti telah menemukan bahwa gula dapat menyebabkan asam urat. Pasalnya, makanan manis biasanya menggunakan gula buatan yang bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh dan menyebabkan asam urat.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan juga menjadi faktor munculnya asam urat. Pasalnya, sel lemak menghasilkan lebih banyak asam urat daripada sel otot. Selain itu, kelebihan berat badan juga akan mempersulit ginjal untuk menyaring asam urat. Untuk itu, penting seseorang untuk melakukan diet dan menurunkan bobot tubuhnya lebih ideal agar bisa terhindar dari kondisi tersebut.

4. Sering Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dikenal berbahaya bagi tubuh dan bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit. Salah satunya asam urat.

Alkohol bisa membuat tubuh lebih dehidrasi dan memicu kadar asam urat tinggi. Karenanya ginjal harus terlebih dulu menyaring produk yang terjadi dalam darah akibat alkohol yang dikonsumsi.

5. Sering Konsumsi Minuman Manis

Satu lagi penyebab terjadinya asam urat ialah sering mengonsumsi minuman manis. Sama seperti makanan manis, minuman manis juga terkonsentrasi dengan fruktosa dan gula yang mengandung glukosa. Kondisi ini bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh dan menyebabkan asam urat.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More