Benarkah Air Kelapa dapat Menurunkan Demam? Ini yang Perlu Dipahami

Minggu, 20 Agustus 2023 - 16:30 WIB
Meskipun air kelapa memiliki manfaat untuk menjaga hidrasi dan keseimbangan elektrolit, efek langsung pada menurunkan suhu tubuh (demam) mungkin tidak begitu signifikan.





Sehingga dapat disimpulkan bahwa konsumsi air kelapa untuk menurunkan demam sebenarnya bisa saja, meskipun pada umumnya pemberian air putih sudah lebih dari cukup untuk mengurangi dehidrasi.

Manfaat Air Kelapa

Dilansir dari jurnal Potensi Efek Antiinflamasi Air Kelapa Muda, air kelapa sebenarnya sangat aman untuk dikonsumsi karena merupakan cairan steril dan menjadi satu-satunya cairan non-plasma yang memiliki kandungan paling mirip dengan cairan tubuh.

Hal tersebut membuat air kelapa menyimpan segudang manfaat, selain untuk menghilangkan dehidrasi. Di antaranya membantu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Selain itu, kalium dalam air kelapa juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung. Terdapat pula serat alami yang dapat membantu merangsang pencernaan dan mencegah sembelit.

Antioksidan yang ada dalam air kelapa juga dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan penyakit kronis.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More