8 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Lambung, Cegah Maag Kambuh

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 11:40 WIB
Meskipun kopi itu sendiri menyehatkan, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi sesuatu yang berbahaya. Salah satunya dengan memasukkan sejumlah besar gula ke dalamnya.

Gula, terutama karena kandungan fruktosanya yang tinggi, dikaitkan dengan segala jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes. Jika Anda tidak bisa mengonsumsi pemanis pada kopi, gunakan pemanis alami seperti stevia.

3. Pilih yang Organik



Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lainnya yang tidak baik untuk dikonsumsi manusia. Saat ini hanya terdapat sedikit bukti bahwa bahan tersebut menyebabkan bahaya jika ditemukan dalam jumlah rendah pada produk.

Meski demikian, jika Anda khawatir dengan kandungan pestisida pada kopi, pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik. Bahan-bahan tersebut harus mengandung pestisida sintetik dalam jumlah yang jauh lebih sedikit.

4. Hindari Minum Terlalu Banyak



Meskipun asupan kopi dalam jumlah sedang itu sehat, minum terlalu banyak dapat mengurangi manfaat secara keseluruhan. Asupan kafein yang berlebihan memiliki berbagai efek samping yang merugikan, meskipun sensitivitas setiap orang berbeda-beda.

Health Canada merekomendasikan untuk tidak melebihi 2,5 mg per kilogram berat badan per hari. Mengingat rata-rata secangkir kopi mengandung sekitar 95 mg kafein, ini setara dengan dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat badan 80 kilogram.



Foto/Infografis SINDOnews
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More