Minum Es Teh usai Makan Bahaya bagi Kesehatan, Ini Efek Sampingnya

Minggu, 26 November 2023 - 18:30 WIB
Minum es teh usai makan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sayangnya tidak semua orang menyadari efek samping ini dan telah menjadikannya kebiasaan. Foto/Getty Images
JAKARTA - Minum es teh usai makan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sayangnya tidak semua orang menyadari efek samping ini dan telah menjadikannya sebuah kebiasaan sehari-hari.

Sebab, rasa manis dan dingin membuat es teh sering dipilih banyak orang sebagai pelepas dahaga. Namun, minum es teh usai makan bisa menimbulkan efek samping untuk kesehatan yang harus diwaspadai.

Bahkan dokter sekaligus influencer, dr Nadia Alaydrus mengatakan bahwa konsumsi teh setelah makan bisa menghambat penyerapan zat besi. Hal ini terbukti melalui penelitian yang diterbitkan dalam jurnal dari European Journal of Clinical Nutrition.







Foto/Infografis SINDOnews

“Zat besi yang bisa diserap sampai 60 persen lho," kata Nadia dikutip dari akun TikTok pribadinya, Minggu (26/11/2023).

Zat besi sendiri merupakan satu jenis mineral yang asupannya perlu dicukupi dengan baik. Sebab zat mikronutrien ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mencegah risiko terjadinya anemia.

Di sisi lain, ketika terlalu sering mengonsumsi teh setelah makan tidak baik untuk tubuh karena akan kekurangan zat besi. "Akan menyebabkan anemia atau kekurangan darah merah," jelas Nadia.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More