Flash Card, Metode Efektif Menstimulasi Otak Kanan Anak di Masa Golden Age

Senin, 19 Februari 2024 - 03:03 WIB
Salah satu metode untuk mengaktifkan otak kanan anak adalah dengan stimulan. Contoh sederhana menstimulasi otak kanan anak adalah dengan metode flash card. Foto Ilustrasi/Istimewa
SURABAYA - Golden age adalah periode sangat penting dan perlu diperhatikan oleh para orang tua. Pada masa ini otak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisik. Pada periode tersebut terjadi perkembangan kepribadian anak serta pembentukan pola perilaku, sikap, dan ekspresi emosi.

Periode ini dialami anak pada usia 0-3 tahun. Di masa-masa inilah pengembangan otak kanan anak masih bisa dikembangkan secara lebih dalam.

"Kita dapat melakukannya dengan metode pengembangan otak kanan," ujar CEO HEGL atau Heguru Mrs. Ruino Henmi dari Jepang dalam wawancara dengan bantuan penerjemah, Minggu (18/2/2028) di Surabaya.







Metode pengembangan otak kanan ini tak hanya di Jepang, namun juga di Singapura, Thailand, dan lainnya. Metode ini di Jepang mendapat support dari pemerintah karena dinilai efektif untuk membantu perkembangan anak.

Salah satu metode untuk mengaktifkan otak kanan anak adalah dengan stimulan. Contoh sederhana menstimulasi otak kanan anak adalah dengan metode flash card.

Bagaimana caranya? Anak usia golden age ini ditunjukkan secara cepat sebuah gambar dan dibacakan kepada anak tersebut. Cara ini akan merangsang otak kanan anak untuk memproses atau menangkap gambar yang dimaksud dan mendengar kata-kata yang dibacakan tadi.

"Metode ini menjadi cara menghafal dan memberi sensori. Sehingga secara natural bisa, anak-anak juga bisa diajari berhitung sejak awal," ujar Head Principal Heguru East Surabaya Theresa Meidyana Vergo.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More