7 Tips Mudah Menyembuhkan Batuk Pilek, Semua Bahan Ada di Rumah!

Sabtu, 09 Maret 2024 - 14:03 WIB
Batuk dan pilek bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Mengatasinya bisa menggunakan bahan alami ala rumahan. Foto/ adobe stock
JAKARTA - Mengatasi batuk dan pilek bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan sulit tidur. Meski penyakit ini biasanya tidak serius, namun bisa membuat Anda merasa sengsara selama beberapa hari.

Nah, untuk mengatasi batuk pilek sebenarnya cukup mudah. Tinggal menggunakan bahan alami yang ada di rumah dan tidak perlu ke dokter jika tidak perah.



Dikutip healts hots, berikut tips ampuh menyembuhkan pilek dan batuk dengan bahan alami ala rumahan.

Tips Menyembuhkan Batuk Pilek

1. Tetap terhidrasi minum air

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat Anda sedang pilek atau batuk adalah tetap terhidrasi. Minum banyak cairan, seperti air putih, teh herbal, dan kaldu bening, membantu menjaga kelembapan tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat.



Selain itu, tetap terhidrasi membantu mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh Anda. Usahakan untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari, dan jaga asupannya terutama jika Anda sedang demam atau berkeringat berlebihan. Sumber gambar: Adobe Stock

2. Hirup uap

Ini dapat meredakan hidung tersumbat dengan segera dan membantu meredakan sakit tenggorokan. Anda dapat menghirup uap dengan bersandar di atas semangkuk air panas dan handuk menutupi kepala untuk memerangkap uap atau dengan menggunakan pelembab udara di kamar tidur Anda.

Menambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti kayu putih atau pepermin, ke dalam air dapat semakin meningkatkan efek dekongestan.

3. Berkumur air garam hangat

Berkumur dengan air garam hangat adalah obat sakit tenggorokan yang sederhana namun efektif. Garam membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri di tenggorokan, sedangkan air hangat memberikan kelegaan yang menenangkan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More