5 Tips Mengatasi Heatstroke, Gelombang Panas Ekstrem yang Menerjang Asia

Kamis, 02 Mei 2024 - 07:29 WIB
Sejumlah negara di Asia tengah dilanda heatstroke. Ada beberapa cara mengatasinya. Foto/boltdns
JAKARTA - Sejumlah negara di Asia tengah dilanda heatstroke . Kondisi ini menyebabkan puluhan orang meninggal dunia. Ini menjadi masalah yang mengkhatirkan. Namun, ada beberapa cara mengatasinya.

Heatstroke atau sengatan panas merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika suhu tubuh seseorang mengalami peningkatan secara drastis hingga 41oC dalam kurun waktu cepat, 10-15 menit dan tubuh sudah tidak bisa mengontrol suhu tubuh.





Heatstroke biasanya terjadi ketika seorang individu terkena paparan suhu panas di luar batas yang bisa ditoleransi oleh tubuhnya.

Di Thailand misalnya, indeks panas diperkirakan bakal meningkat di atas 52 derajat Celcius. Pemerintah setempat pun mengeluarkan peringatan panas ekstrem.

Nah, bagi Anda yang berencana berwisata ke sejumlah negara di Asia, termasuk Thailand, disarankan untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi panas ekstrem yang sedang melanda negara tersebut. Berikut diantaranya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2024).

Tips Mengatasi Heatstroke

1. Perbanyak minum air putih

Pertama dan paling penting adalah mencukupi kebutuhan air untuk tubuh saat cuaca panas. Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting.

Minum air putih yang cukup harus tetap dijaga dan tak boleh terlewat. Minum yang cukup tentu akan menjaga tubuhmu dari dehidrasi atau kekurangan cairan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More