4 Penyakit yang Sering Menyerang Ibu Rumah Tangga dan Cara Mencegahnya

Kamis, 20 Juni 2024 - 08:20 WIB
"Posisi bekerja saat duduk harus ergonomis, sering stretching punggung, olahraga penguatan otot punggung, hindari mengangkat barang yang terlalu berat, hindari mengangkat barang dengan posisi yang salah, hindari bekerja dalam posisi membungkuk," sambungnya.

2. Sakit Lutut



Sakit lutut pada ibu rumah tangga disebabkan oleh aktivitas fisik yang berulang, seperti mengangkat benda berat, menyapu. Kondisi ini juga bisa disebabkan karena osteoarthritis atau pengapuran sendi hingga menyebabkan kerusakan pada tulang rawan di lutut.

"Yang nomor dua ini banyak banget adalah ibu-ibu yang datang dengan sakit lutut bisa karena problem pada ototnya, bisa juga problem disebabkan karena pengapuran sendi atau suatu osteoarthritis. Terus cara mencegahnya sering stretching pada lutut dan panggul, sempatkan istirahat saat aktivitas berat pada lutut," jelasnya.

"Latihan penguatan otot paha dan panggul, rutin olahraga yang menggerakkan lutut (sepeda atau renang), hindari obesitas atau gemuk berlebih, hindari mengangkat barang terlalu berat, hindari olahraga high impact untuk sementara, cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D," lanjutnya.



3. Tenosinovitis



Tenosinovitis adalah peradangan pada selubung pelindung (tenosinovium) yang mengelilingi tendon. Gejala tenosinovitis pada ibu rumah tangga yang paling umum adalah nyeri pada pergelangan tangan atau jari, pembengkakan pergelangan tangan atau jari, kaku pada pergelangan tangan atau jari, dan kesulitan menggerakkan pergelangan tangan atau jari.

"Nomor tiga adalah tenosinovitis atau radang selubung tendon di sekitar tangan dan pergelangan tangan. Gejalanya nyeri di pangkal ibu jari, kadang-kadang kaku sehingga jari-jarinya susah untuk digerakkan. Untuk pengobatannya dan pencegahannya bekerja dengan posisi pergelangan tangan lurus, tidak bengkok ke atas, ke bawah, atau ke samping," ujarnya.

"Sempatkan istirahat per 40 menit bekerja dengan tangan, sering stretching pergelangan tangan dari jari-jari, hindari mengangkat barang yang terlalu berat, penggunaan splint pada pergelangan tangan jika sudah mulai ada nyeri. Jika sudah terasa nyeri, kurangi aktivitas repetitif dengan tangan," tambahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More