4 Penyebab Gagal Ginjal Akut, Menyerang Usia Produktif

Rabu, 24 Juli 2024 - 15:01 WIB
Seseorang yang mengalami batu ginjal dan dibiarkan akan membuat aliran urine mampet sehingga urine akan kembali ke ginjal dan menyebabkan hidronefrosis (pembengkakan di ginjal) dan bikin fungsi ginjal terganggu. Dan bisa berisiko terkena gagal ginjal kronis.

3. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis sendiri merupakan penyakit peradangan di ginjal, contoh penyakitnya sindrom nefrotik atau nefritik. Hal itu bisa disebabkan karena autoimun, virus atau bakteri. Jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan gagal ginjal kronis.

4. Konsumsi obat nyeri secara kronis

Kondisi ini biasanya banyak dialami oleh pasien di usia 40 tahun ke atas. Mereka minum obat nyeri karena sendi-sendinya mulai bermasalah biasanya terkait dengan osteoarthritis.



“Tiap kali nyeri sendi diminumin obat nyeri, padahal tiap hari nyerinya. Akibatnya terjadi konsumsi obat nyeri yang kronis. Kondisi ini ternyata merusak ginjal. Penyakitnya disebut Acute/Chronic Interstitial Nefritis,” terangnya.

Menurut dr Decsa, sebenarnya ada kasus lain, tapi lima di atas merupakan kasus penyebab diabetes yang paling banyak ditemui.

“Mulai sekarang jika ada temen, sodara, keluarga ada kondisi diatas. Titip-titip pesan untuk cek in fungsi ginjalnya yak,” ujar dia.
(tdy)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More