Apa yang Sebabkan Terjadi Penyempitan Pembuluh Darah? Ada 5 Faktor

Kamis, 01 Agustus 2024 - 18:30 WIB

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Kebiasaan hidup yang tidak sehat dapat berkontribusi pada penyempitan pembuluh darah. Pola makan tinggi lemak jenuh, kurangnya aktivitas fisik, dan obesitas adalah faktor risiko utama.

Nantinya gaya hidup tidak sehat ini akan memengaruhi timbulnya obesitas yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik dan tingginya konsumsi makanan berlemak.



4. Hipotermia

Biasanya, ketika tubuh terpapar suhu dingin terlalu lama akan menyebabkan pembuluh darah menyempit. Kondisi ini juga dikenal dengan sebutan hipotermia.

Ketika kedinginan, tubuh akan menggigil untuk merangsang aktivitas otot dan menghasilkan panas tubuh. Penyempitan pembuluh darah berfungsi menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

5. Pengaruh Obat-Obatan dan Kondisi Psikologis

Terdapat sejumlah obat yang dapat menimbulkan efek penyempitan pembuluh darah, seperti obat antidepresan, obat penyakit Parkinson, obat dekongestan, imunosupresan, epinefrin, dan obat migrain.

Selain itu, kondisi psikologis seperti stres juga dapat membuat penyempitan pembuluh darah. Kondisi ini biasanya juga mempengaruhi kinerja saraf, sehingga membuat detak jantung menjadi tidak teratur.

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi penyempitan pembuluh darah. Perlu diingat bahwa olahraga teratur dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang adalah kunci terhindar dari kondisi ini.
(tsa)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More