8 Virus yang Berpotensi Menyebabkan Pandemi, Ancaman bagi Kesehatan Global

Rabu, 21 Agustus 2024 - 09:40 WIB

5. Virus Nipah



Virus Nipah dapat menyebabkan penyakit pernapasan parah dan ensefalitis. Virus ini pertama kali diidentifikasi saat terjadi wabah di Malaysia pada 1998-1999 dan sejak itu telah menyebabkan wabah di Bangladesh dan India. Virus ini memiliki tingkat kematian yang tinggi, dengan tingkat kematian berkisar antara 40 persen hingga 75 persen.

Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Seperti kelelawar atau babi, dan dapat menyebar antarmanusia melalui droplet pernapasan dan cairan tubuh.

6. Virus Marburg



Virus Marburg dapat menyebabkan demam berdarah parah dengan tingkat kematian yang tinggi. Virus ini pertama kali diidentifikasi pada 1967 saat terjadi wabah di Marburg, Jerman, dan telah menyebabkan wabah sporadis di Afrika.

Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau cairan tubuh mereka dan dapat menyebabkan gejala parah, termasuk demam berdarah dan kegagalan organ.

7. Virus Hanta



Hantavirus menyebabkan sindrom paru hantavirus (HPS) dan demam berdarah disertai sindrom ginjal (HFRS). Hantavirus ditularkan melalui kontak dengan kotoran hewan pengerat, urine, atau air liur dan dapat menyebabkan gejala pernapasan atau ginjal yang parah pada manusia. Infeksi hantavirus dapat memiliki tingkat kematian yang tinggi, terutama pada kasus HPS.

8. Virus Zika



Virus Zika terutama ditularkan oleh nyamuk Aedes. Meskipun sering kali tidak bergejala atau menyebabkan penyakit ringan, infeksi virus Zika selama kehamilan dapat menyebabkan kelainan bawaan yang parah, termasuk mikrosefali dan cacat neurologis lainnya pada bayi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More