7 Jenis Minyak Goreng yang Bahaya bagi Kesehatan, Batasi untuk Masak

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 13:00 WIB

5. Minyak Biji Kapas



Minyak biji kapas sering digunakan dalam makanan olahan dan camilan karena harganya yang murah. Namun, minyak ini mengandung kadar lemak jenuh dan omega-6 yang tinggi, serta sering diproses dengan bahan kimia yang dapat meninggalkan residu berbahaya.

Selain itu, tanaman kapas bukan tanaman pangan. Sehingga sering diperlakukan dengan pestisida dalam jumlah besar, yang residunya bisa tertinggal dalam minyak.

6. Minyak Biji Anggur



Meskipun kaya akan vitamin E dan antioksidan, minyak biji anggur memiliki kadar omega-6 yang sangat tinggi. Ketidakseimbangan antara omega-6 dan omega-3 dapat memicu peradangan dalam tubuh.

Selain itu, minyak biji anggur sering diekstraksi menggunakan panas tinggi atau pelarut kimia. Hal ini dapat mengurangi nilai gizinya dan menghasilkan senyawa yang merugikan kesehatan.

7. Minyak Kelapa



Meskipun sering dianggap sehat karena kandungan lemak jenuhnya, minyak kelapa sebenarnya kurang cocok untuk digunakan sebagai minyak goreng. Ketika dipanaskan pada suhu tinggi, minyak kelapa dapat menghasilkan senyawa berbahaya yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More