7 Jenis Minyak Goreng yang Bahaya bagi Kesehatan, Batasi untuk Masak

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 13:00 WIB

2. Minyak Canola



Meskipun sering dipromosikan sebagai minyak sehat karena kandungan lemak tak jenuhnya, minyak canola sebenarnya dapat menjadi tidak sehat jika diproses secara berlebihan. Minyak canola yang dimodifikasi secara genetik atau diproses dengan panas tinggi dapat menghasilkan asam lemak trans, yang berbahaya bagi kesehatan.

Asam lemak trans dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, inflamasi, dan gangguan metabolisme.

3. Minyak Jagung



Minyak jagung sering dianggap sehat karena mengandung asam lemak omega-6. Namun, konsumsi berlebihan omega-6 tanpa diimbangi dengan omega-3 dapat menyebabkan ketidakseimbangan asam lemak dalam tubuh, yang dapat memicu inflamasi dan meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit kronis lainnya.

Selain itu, minyak jagung juga sering diproses dengan panas tinggi, yang dapat menghasilkan senyawa berbahaya.



4. Minyak Kedelai



Minyak kedelai adalah salah satu minyak nabati yang paling banyak digunakan, terutama dalam produk makanan olahan. Minyak ini mengandung omega-6 yang tinggi dan sering diproses secara kimia.

Konsumsi berlebihan minyak kedelai dapat meningkatkan risiko peradangan, obesitas, dan gangguan metabolisme. Beberapa penelitian juga mengaitkan konsumsi minyak kedelai dengan gangguan fungsi tiroid.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More