8 Cara Masak Nasi Putih Agar Rendah Gula dan Lebih Pulen

Minggu, 01 September 2024 - 15:40 WIB

2. Rendam Beras sebelum Dimasak



Merendam beras sebelum dimasak dapat membantu menurunkan kandungan gula pada nasi. Rendamlah beras selama 30 menit hingga 1 jam. Proses perendaman ini juga membantu beras menyerap air lebih merata, sehingga nasi menjadi lebih pulen saat dimasak.

Selain itu, merendam beras juga membantu mengurangi kandungan amilosa, yang dapat berkontribusi pada tekstur nasi yang keras.

3. Gunakan Rasio Air yang Tepat



Rasio air yang digunakan saat memasak nasi sangat mempengaruhi tekstur akhir nasi. Untuk membuat nasi lebih pulen, tambahkan sedikit lebih banyak air dari biasanya. Secara umum, perbandingan 1:1,5 atau 1:2 (beras : air) direkomendasikan.

Namun, rasio ini bisa disesuaikan dengan jenis beras yang digunakan. Beras yang lebih tua biasanya membutuhkan lebih banyak air untuk menjadi pulen.

4. Tambahkan Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun



Menambahkan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam air rebusan dapat membantu mengurangi kadar gula dalam nasi. Minyak ini mengikat amilosa dalam beras.

Sehingga mengurangi proses pencernaan karbohidrat menjadi gula. Selain itu, minyak juga membantu nasi menjadi lebih lembut dan pulen.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More