8 Cara Praktis Mencegah Lonjakan Gula Darah setelah Makan

Selasa, 03 September 2024 - 21:40 WIB
Jalan-jalan setelah makan dapat memberikan keajaiban bagi manajemen gula darah. Menurut sebuah studi 2022 dalam jurnal Sports Medicine, hanya berjalan kaki selama dua menit atau berdiri setelah makan dapat membantu mengendalikan gula darah.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Diabetology and Metabolic Syndrome mengatakan olahraga setelah makan lebih efektif daripada olahraga rutin satu kali sehari untuk mengendalikan glikemik pada pasien T2DM.

3. Kurangi Porsi



Makan dalam jumlah besar dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih tinggi, karena Anda mengonsumsi lebih banyak karbohidrat. Anda dapat makan beberapa kali dalam porsi kecil daripada satu kali makan besar.

4. Hindari Duduk Terlalu Lama



Penelitian telah menghubungkan duduk dalam jangka waktu lama dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk gula darah tinggi. Berdiri atau berjalan setelah makan dapat menyebabkan pengeluaran energi yang dapat mengendalikan lonjakan gula darah.



5. Konsumsi Makanan Indeks Glikemik Rendah



Penderita diabetes harus mencoba untuk memasukkan makanan yang memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah. Makanan GI rendah, yang memiliki GI 55 atau kurang harus lebih disukai untuk mengendalikan lonjakan gula darah.

GI rendah mengacu pada diet yang berfokus pada makanan yang menyebabkan sedikit peningkatan kadar gula darah setelah makan karbohidrat dalam jumlah standar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More