7 Tanda Usus Kotor yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Bau Mulut

Selasa, 10 September 2024 - 07:00 WIB
Perut kembung serta sering mengalami gas berlebihan bisa menjadi tanda bahwa usus Anda tidak berfungsi optimal. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan sisa makanan yang tidak tercerna dengan baik, sehingga menghasilkan gas berlebihan dan menyebabkan ketidaknyamanan.

3. Bau Mulut Tak Sedap



Meskipun Anda sudah rajin membersihkan gigi dan mulut, bau mulut yang tetap tidak sedap bisa jadi merupakan indikasi adanya masalah di dalam sistem pencernaan, khususnya usus. Usus yang kotor cenderung menyebabkan proses pencernaan terganggu, dan salah satu efeknya adalah keluarnya bau mulut yang sulit dihilangkan.

4. Kelelahan yang Tidak Jelas Penyebabnya



Jika Anda merasa mudah lelah atau tidak memiliki energi meskipun tidak melakukan aktivitas berat, bisa jadi ini merupakan tanda usus kotor. Penumpukan racun di usus dapat mengganggu penyerapan nutrisi, sehingga tubuh kekurangan energi dan mudah merasa lelah.

5. Kulit Kusam dan Berjerawat



Kondisi kulit sering kali mencerminkan kondisi dalam tubuh. Jika Anda mengalami kulit yang kusam, jerawat yang tidak kunjung hilang, atau masalah kulit lainnya, ini bisa jadi akibat dari usus yang tidak bersih. Racun dan limbah yang tidak terbuang dengan baik dapat diserap kembali oleh tubuh, yang kemudian memengaruhi kesehatan kulit.

6. Perubahan Berat Badan yang Tidak Normal



Penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis tanpa alasan yang jelas juga bisa menjadi tanda usus kotor. Jika usus Anda penuh dengan racun, tubuh akan kesulitan menyerap nutrisi dengan baik. Akibatnya, metabolisme bisa terganggu dan menyebabkan perubahan berat badan yang tidak terduga.

7. Sering Merasa Mual

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More