Jangan Sepelekan Mendengkur, Tanda Gejala Penyakit yang Bisa Mengancam Jiwa

Rabu, 18 September 2024 - 06:00 WIB
Sementara, sleep apnea dikaitkan dengan masalah kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit arteri koroner, yang pada akhirnya menyebabkan kemungkinan serangan jantung.

Aritmia

Orang dengan mendengkur atau sleep apnea jangka panjang berisiko mengalami irama jantung yang tidak teratur atau aritmia.

Orang yang mengalami sleep apnea juga dapat mengalami GERD karena cara tenggorokan mereka menutup saat udara bergerak masuk dan keluar selama tidur. Hal ini menyebabkan perubahan tekanan yang dapat menyedot isi lambung mereka kembali ke kerongkongan. GERD dan sleep apnea berhubungan dengan kelebihan berat badan.

Sleep apnea juga dapat memengaruhi kesehatan mental, yang dapat menyebabkan masalah seperti rewel karena kurang tidur dan bahkan depresi serius.

Komplikasi janin

Mendengkur selama trimester terakhir kehamilan biasanya disebabkan oleh penambahan berat badan, tetapi bisa juga merupakan tanda komplikasi janin. Wanita yang mendengkur keras selama kehamilan harus berkonsultasi dengan dokter keluarga atau dokter kandungan.

Mengatasi mendengkur

Dalam beberapa kasus, mendengkur diobati dengan pembedahan untuk mengecilkan atau membuang jaringan berlebih atau memperbaiki masalah struktural. Banyak dari prosedur ini yang minimal invasif.



1. Perawatan nonbedah
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More