7 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin C, Waspada Luka Sulit Sembuh

Minggu, 29 September 2024 - 18:00 WIB

5. Mudah Memar



Vitamin C mendorong pembekuan darah dan menjaga jaringan tubuh tetap kuat. Jika Anda tidak memiliki cukup vitamin C dalam tubuh, hal itu dapat menyebabkan memar dengan cepat. Jadi, jika terbentur mengakibatkan tanda hitam dan biru yang ditakuti, pertimbangkan untuk meningkatkan dosis vitamin harian.

Tubuh membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menyerap vitamin C yang cukup dari makanan atau suplemen. Jumlah trombosit yang rendah adalah alasan lain untuk memar. Jadi lakukan pemeriksaan dan tes darah yang komprehensif sebelum menyimpulkan Anda kekurangan vitamin C.

6. Gusi Berdarah



Vitamin C merupakan antioksidan efektif yang dapat membantu mencegah penyakit gusi. Satu penelitian menemukan bahwa pasien dengan kadar vitamin C rendah memiliki kemungkinan 1,16 kali lebih besar untuk mengalami gusi berdarah.

Gusi berdarah juga dapat menjadi indikasi penyakit kudis, suatu kondisi kekurangan vitamin C. Jika gusi Anda berdarah, makanlah lebih banyak makanan yang kaya vitamin C sambil berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit gusi.



7. Nyeri Sendi



Nyeri sendi merupakan salah satu gejala kekurangan vitamin C yang paling umum. Kondisi ini dapat memengaruhi sendi mana pun, tetapi paling sering terjadi pada lutut dan pinggul. Vitamin C mendorong pembentukan kolagen yang sehat, yang membantu memperkuat sendi.

Jika Anda tidak mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup, sendi Anda dapat mengalami nyeri. Gejalanya meliputi nyeri sendi saat bergerak, kekakuan, pembengkakan, dan memar di sekitar sendi, serta nyeri otot atau tendon di dekat sendi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More