Dessert Jadi Makanan yang Disukai Warganet, Perhatian 5 Cara Mencegah Obesitas

Minggu, 13 Oktober 2024 - 13:30 WIB
Buah dan sayur juga tinggi serat, yang membuat Anda merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori dan memastikan sistem pencernaan Anda tetap teratur.

2. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan seperti roti putih dan banyak makanan ringan dalam kemasan, merupakan sumber kalori kosong yang cenderung bertambah dengan cepat.

Sebuah studi pada 2019 menemukan bahwa orang-orang yang ditawari pola makan olahan mengonsumsi lebih banyak kalori dan menambah berat badan mereka Sedangkan mereka yang lebih sedikit mengonsumsi makanan olahan justru dapat menurunkan berat badan.

Buat Anda yang suka ngemil, ada beberapa alternatif pilihan cemilan yang lebih sehat seperti kacang almond, kacang mete, kenari, dan pistachio tanpa garam, buncis panggang hingga yogurt.

3. Batasi Gula dan Pemanis Buatan

Membatasi gula dan pemanis buatan dalam makanan menjadi penting dilakukan. Menurut pedoman diet saat ini, sebagian besar wanita dewasa tidak boleh mengonsumsi lebih dari 24 gram gula per hari, sedangkan sebagian besar pria dewasa tidak boleh mengonsumsi lebih dari 36,8 gram.

Sumber utama gula tambahan yang harus dihindari ialah minuman manis, termasuk soda dan minuman energi, makanan seperti pai hingga kue kering.

4. Olahraga

Berolahraga penting untuk mencegah terjadinya obesitas. Orang dewasa perlu melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu. Itu berarti setidaknya 30 menit per hari dan lima hari per minggu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More