9 Bahaya Menahan Bersin, Merusak Pembuluh Darah hingga Serangan Jantung

Minggu, 27 Oktober 2024 - 09:40 WIB
Bersin memaksa air, lendir dan udara keluar dari hidung dengan kecepatan hingga 160 km/jam (99,4 mph). Pengeluaran berlangsung hanya selama 150 milidetik.

Pada 2012, para peneliti dari Universitas Pennsylvania menemukan bahwa bersin "mengatur ulang" silia, sel-sel yang melapisi jaringan di dalam hidung.

Peneliti dari University of Pennsylvania menemukan bahwa bersin tidak memiliki efek "reset" yang sama pada orang dengan sinusitis atau masalah hidung kronis lainnya.

Saat Anda bersin, tubuh Anda menghasilkan tekanan dalam sistem pernapasan, yang meliputi sinus, rongga hidung, tenggorokan dan paru-paru.

Dalam sebuah studi 2016, para ilmuwan mengukur tingkat tekanan sebesar 1 pound-force per inci persegi (1 psi atau 6894,76 Pa) di tenggorokan wanita saat bersin.

Bahaya menahan bersin

Tempat-tempat ramai atau situasi, di mana bersin tampaknya tidak tepat waktu, mungkin membuat Anda terpaksa menahannya, meski hal ini dapat merugikan kesehatan.

1. Ganggu Tekanan Pernapasan

Menahan bersin dapat meningkatkan tekanan dalam sistem pernapasan hingga lima hingga 24 kali lebih tinggi daripada yang disebabkan oleh bersin itu sendiri. Tekanan yang tinggi ini berpotensi menyebabkan berbagai cedera.

2. Gendang Telinga Pecah

Saat Anda menahan tekanan tinggi yang terbentuk dalam sistem pernapasan sebelum bersin, sebagian udara masuk ke dalam telinga.

Tekanan di telinga dapat menyebabkan gendang telinga pecah dan menyebabkan gangguan pendengaran. Sebagian besar gendang telinga yang pecah dapat sembuh tanpa pengobatan, meskipun dalam beberapa kasus, pembedahan diperlukan.

3. Infeksi Telinga Tengah

Dengan menahan bersin, aliran udara kembali ke telinga dari saluran hidung dapat membawa bakteri ke telinga tengah, yang menyebabkan infeksi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More