9 Bahaya Menahan Bersin, Merusak Pembuluh Darah hingga Serangan Jantung

Minggu, 27 Oktober 2024 - 09:40 WIB
Infeksi telinga tengah terasa menyakitkan. Sering kali, antibiotik diperlukan untuk mengobatinya, tetapi infeksi dapat sembuh tanpa pengobatan.

4. Merusak Pembuluh Darah

Meski jarang terjadi, peningkatan tekanan yang disebabkan oleh menahan bersin dapat merusak pembuluh darah di mata, hidung atau gendang telinga.

5. Cedera Diafragma

Meski cedera diafragma jarang terjadi, ada beberapa kasus udara bertekanan terperangkap di diafragma dan menyebabkan paru-paru kolaps pada orang yang mencoba menahan bersin.

Paru-paru kolaps yang disebabkan oleh menahan bersin adalah cedera yang mengancam jiwa yang memerlukan rawat inap segera.

6. Aneurisma Otak

Tekanan akibat menahan bersin bahkan dapat menyebabkan aneurisma otak. Ini adalah cedera yang mengancam jiwa yang dapat menyebabkan pendarahan di sekitar otak.

7. Kerusakan Tenggorokan

Meski jarang terjadi, setidaknya ada satu kasus seseorang yang mengalami robekan pada bagian belakang tenggorokannya karena menahan bersin. Ini adalah cedera serius yang memerlukan perhatian medis segera.

8. Tulang Rusuk Patah

Menahan bersin dapat menyebabkan udara bertekanan tinggi masuk ke paru-paru dan menyebabkan tulang rusuk patah.

9. Serangan Jantung

Bersin dapat memengaruhi detak jantung Anda untuk sementara, tetapi seharusnya tidak menyebabkan jantung Anda berhenti berdetak.



Meskipun belum ada laporan tentang orang yang meninggal secara langsung karena menahan bersin, beberapa cedera akibat menahan bersin, seperti pecahnya aneurisma otak dan paru-paru yang kolaps, dapat mengancam jiwa.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More