Menurut Ahli Gizi, Ini Manfaat Kesehatan Saat Konsumsi Blueberry

Sabtu, 16 Januari 2021 - 18:30 WIB
"Blueberry memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin. Antosianin dalam blueberry membantu meningkatkan sensitivitas insulin," jelas Bansari Acharya, RDN, ahli gizi terdaftar di Detroit, Michigan.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2010 tentang orang -orang yang obesitas, non-diabetes, tetapi resisten insulin, 67% peserta yang mengonsumsi blueberry melihat setidaknya 10% peningkatan dalam sensitivitas insulin, dibandingkan dengan hanya 41% pada kelompok plasebo.

"Blueberry bisa menjadi pilihan yang bagus untuk penderita diabetes karena dapat berkontribusi untuk meningkatkan sensitivitas insulin, namun penting untuk tidak melebihi jumlah karbohidrat yang direkomendasikan per makanan," ungkap Acharya.

Itu karena tubuh memecah karbohidrat menjadi gula. Penderita diabetes harus mendapatkan 45% kalori hariannya dari karbohidrat. Satu cangkir blueberry memiliki 21,7 g karbohidrat.



5. Meningkatkan fungsi kognitif

Fungsi kognitif mengacu pada aktivitas mental, seperti berpikir, belajar, dan mengingat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana blueberry dapat membatasi penurunan kognitif, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu.

Dalam sebuah studi kecil tahun 2011, kelompok lanjut usia (lansia) dengan penurunan memori dini mengonsumsi jus blueberry setiap hari selama 12 minggu sementara kelompok lain mengonsumsi minuman plasebo berry. Setelah 12 minggu, mereka yang mengonsumsi jus blueberry melihat peningkatan fungsi memori serta penurunan gejala depresi.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More