10 Kebiasaan yang Bisa Sabotase Kesehatan Anda

Selasa, 26 Januari 2021 - 20:55 WIB
Ada beberapa kebiasaan harian yang tanpa kita sadari dapat menurunkan kesehatan, baik fisik maupun mental. Foto Ilustrasi/Healthyfood.com
JAKARTA - Semua orang pasti tahu kalau merokok berbahaya , sama halnya dengan menyantap terlalu banyak makanan hasil prosesan.

Tapi ada loh beberapa kebiasaan harian yang tanpa kita sadari dapat menurunkan kesehatan , baik fisik maupun mental. Apa saja? Simak ulasan berikut, seperti dikutip dari Verywell Health.



1. Mengingat Kembali Momen Stres

Mengulang ingatan kembali tentang momen stres di masa lalu, entah itu lima menit atau bahkan lima tahun lalu, tidak baik dampaknya untuk kesehatan psikologis Anda. Berdasarkan penelitian, dapat meningkatkan gejala depresif. Semakin sering memikirkan kejadian yang membuat stres, semakin mungkin mereka menderita depresi. Baiknya lupakan hal tidak menyenangkan di masa lampau, dan fokus akan masa depan!



2. Curhat ke Teman

Mungkin Anda berpikir curhat ke teman dapat membantu melepas emosi negatif. Tapi bukan melepas perasaan negatif, studi menunjukkan hal itu malah menguatkan emosi negatif. Studi tahun 2011 yang dipublikasikan di Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology menunjukkan kalau anak yang sering curhat masalahnya kepada teman lebih mungkin terdiagnosa depresi. Curhat juga tidak baik untuk wanita. Studi yang dipublikasikan di Hormones and Behavior menemukan, membicarakan masalah kepada teman meningkatkan kadar hormon stres wanita.

3. Mengkritik Diri

Sering menyebut diri bodoh setiap kali melakukan kesalahan? Ini buruk bagi kesehatan mental. Studi tahun 2014 yang dipublikaskikan di Personality and Individual Differences menemukan, kritik terhadap diri sendiri dapat meningkatkan gejala depresif. Sebaliknya, kasih sayang terhadap diri sendiri dihubungkan dengan kesehatan psikologis yang lebih tinggi dan kemampuan beradaptasi dalam situasi sulit.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More