Bunda, Begini Cara Menjaga Kualitas Udara di Rumah

Sabtu, 06 Februari 2021 - 06:36 WIB
3. Kurangi penggunaan lampu pijar

Lampu pijar mengkonversi sekira 90% dari total energi menjadi panas saat memancar. Mengurangi penggunaan lampu ini meminimalisir suhu udara tidak sehat dan suhu ruangan jadi normal.

4. Gunakan produk pembersih alami

Perlu diketahui, pembersih ruangan berbahan kimia dapat menciptakan polusi ringan dalam bentuk Volatile Organic Compounds (VOC) atau dikenal dengan senyawa organik yang mudah menguap. Permasalahan ringan seperti iritasi kulit bahkan sampai menyebabkan gangguan paru-paru adalah dampak dari penggunaan produk pembersih berbahan kimia.

Sebagai alternatif, banyak bahan dapur yang ternyata dapat digunakan sebagai pembersih. Misalnya, cuka putih untuk membersihkan lantai, garam yang dapat meluruhkan minyak dan lemak dari oven, lemon untuk membersihkan permukaan perabotan, juga baking soda yang dikenal ampuh membersihkan noda pada pakaian.



5. Nyalakan exhaust saat masak

Exhaust kompor selain mengeluarkan CO2 dari kegiatan memasak, senyawa kimia yang dihasilkan dari peralatan dan bahan memasak dapat disaring dan diupkan keluar rumah serta mengurangi endapan asap jenuh di dapur. “Polutan di dalam rumah tidak kasat mata, ini yang kita hirup setiap hari. Salah satu sumbernya dari kegiatan masak,” kata dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM).

6. Kurangi penggunaan karpet

Karpet menyerap debu, kotoran, dan bakteri yang tidak baik untuk kesehatan. Beberapa jenis karpet dapat menyerap senyawa organik yang bersifat racun karena mengandung fluorinated. Jika masih menggunakan karpet pastikan memvakum seminggu sekali. Sri noviarni
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More