Pandemi Covid-19 Sebabkan Pandemi Otak, Apa dan Bagaimana Mengatasinya?

Jum'at, 09 Juli 2021 - 11:21 WIB
"Kami telah melihat perubahan volume di daerah temporal, frontal, oksipital dan subkortikal otak, amigdala, dan hipokampus pada orang yang terisolasi secara sosial", ujar Barbara Sahakian, seorang Profesor saraf & psikologi klinis dari Cambridge University.

Terlepas dari situasi yang mengkhawatirkan tersebut, peneliti mengungkapkan bahwa manusia dapat mengatasi 'pandemi otak' dengan melakukan beberapa aktivitas berikut ini :

1. Olahraga

Tidak hanya berfungsi untuk menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh saja, olahraga ternyata berfungsi untuk melatih serta meningkatkan kinerja otak. Selain itu, olahraga dinilai mampu memulihkan kondisi otak seseorang.

2. Mendengarkan Musik

Penelitian membuktikan bahwa mendengarkan musik mampu menurunkan kadar hormon kortisol, zat yang juga dikenal sebagai hormon stress, pada tubuh seseorang.

Cobalah untuk rutin mendengarkan musik yang anda sukai agar terhindar dari stress kronis yang dapat menyebabkan pandemi otak.



3. Meditasi

Olahraga seperti Yoga yang juga berfungsi sebagai meditasi sangat direkomendasikan oleh para ahli untuk dilakukan oleh seseorang di masa pandemi ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More