Tekanan Darah Normal Sesuai Usia, Ini Kisaran Angkanya!

Selasa, 17 Agustus 2021 - 07:30 WIB
Tekanan darah normal berbeda sesuai tingkatan usia. Foto/Healthday
JAKARTA - Tekanan darah adalah salah satu aspek kesehatan yang penting. Tekanan darah yang tidak normal, terutama tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular. Angka tekanan darah normal untuk sistolik tidak lebih dari 120 mmHg dan diastolik di bawah 80 mmHg.

Meski begitu, ukuran tekanan darah pada setiap orang dapat berbeda-beda tergantung pada usianya. Memang seiring bertambahnya usia, pembuluh darah cenderung menjadi lebih kaku dan penumpukan plak dapat terjadi, sehingga terjadi peningkatan pada tekanan darah. Jika dibiarkan, beberapa masalah kesehatan lainnya mungkin saja terjadi.

Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi berisiko lebih besar untuk mengidap penyakit jantung, stroke, dan lainnya. Berikut ini tekanan darah normal seseorang berdasarkan tingkatan usianya seperti dilansir laman Healthday:



1. Tekanan Darah Normal Anak



Pada anak, tekanan darah yang normal agak sulit diketahui karena anak-anak mengalami banyak fase pertumbuhan yang cepat. Bayi baru lahir biasanya akan memiliki tekanan darah normal pada angka 90/80 mmHg. Tekanan darah ini tidak terus-menerus berada di angka yang sama.

Tekanan darah normal pada angka 90/80 mmHg akan berubah saat anak menginjak usia 3–12 tahun. Pada usia tersebut, tekanan darah normal akan berubah pada angka 104–113 mmHg hingga 119–127 mmHg.

2. Tekanan Darah Normal Orang Dewasa

Orang dewasa memiliki tekanan darah normal di angka 120/80 mmHg. Tekanan darah ini bisa berubah-ubah setiap harinya sesuai dengan faktor yang memengaruhinya. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan jantung saat memompa darah, sedangkan angka 80 menunjukkan angka ketika organ jantung beristirahat sejenak saat proses memompa darah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More