Tekanan Darah Normal dan Cara Mengukurnya, Wajib Tahu!

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 16:50 WIB
loading...
Tekanan Darah Normal dan Cara Mengukurnya, Wajib Tahu!
Tekanan Darah Normal dan Cara Mengukurnya, Wajib Tahu! Foto/Express.
A A A
JAKARTA - Tekanan darah normal memiliki kisaran angka. Tekanan darah adalah bagaimana mengukur kekuatan di mana jantung Anda memompa darah ke seluruh tubuh. Jika tekanan darah terlalu tinggi, atau terlalu rendah, itu bisa menjadi tanda peringatan untuk masalah kesehatan serius.

Tekanan darah diukur dalam milimeter air raksa (mmHg) dan diberikan dalam dua angka. Angka-angka ini adalah tekanan sistolik yaitu angka teratas adalah pengukuran tekanan di arteri saat jantung berdetak. Tekanan diastolik adalah angka terbawah yang mengukur tekanan di arteri antara detak jantung.

Menurut NHS, pembacaan tekanan darah yang sehat adalah antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Tekanan darah tinggi , juga dikenal sebagai hipertensi, dianggap lebih tinggi dari 140/90 mmHg. Tekanan darah rendah kurang umum dan dianggap apa pun di bawah 90/60 mmHg.


Dilansir dari Express, Sabtu (21/8) seiring bertambahnya usia, tekanan darah biasanya semakin tinggi. Ini karena arteri menjadi kaku, tetapi bisa juga karena perubahan gaya hidup seperti tidak berolahraga secara teratur.
Apa yang dianggap sebagai tekanan darah normal tidak sebanding dengan usia Anda. Kisaran tekanan darah yang sehat adalah sama, berapa pun usia Anda.

Tekanan darah tinggi jarang memiliki gejala yang nyata, itulah mengapa penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda. NHS mengatakan sepertiga orang dewasa di Inggris akan memiliki tekanan darah tinggi, meskipun banyak dari mereka yang tidak mengetahuinya.

Orang dewasa di atas 40 tahun disarankan untuk memeriksakan tekanan darahnya setiap lima tahun. Jika tekanan darah tinggi tidak diobati dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke .

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2229 seconds (0.1#10.140)