Mengenal Kolesterol dan Fungsinya bagi Tubuh

Rabu, 03 November 2021 - 10:58 WIB
Dalam batas tertentu, kolesterol diperlukan sebagai bahan dasar pembentuk unsur-unsur penting di dalam tubuh. Inilah manfaat kolesterol bagi tubuh:

1. Pembentuk sel

Manfaat utama kolesterol bagi tubuh manusia adalah sebagai bahan dasar pembentuk struktur membran (dinding) setiap sel tubuh. Tak hanya itu, substansi ini juga merupakan komponen utama pada sel otak dan sel saraf.

2. Pembentuk Empedu

Kolesterol merupakan bahan dasar pembentuk asam empedu. Dengan kata lain, asam empedu merupakan cairan yang dihasilkan oleh kandung empedu, dengan bahan dasar kolesterol. Fungsi utama asam empedu adalah untuk mencerna lemak yang melewati saluran pencernaan.

3. Membantu Memproduksi Vitamin D

Selain dari sumber makanan, tubuh Anda bisa memproduksi vitamin D secara otomatis ketika terpapar sinar matahari. Caranya adalah dengan mengubah kolesterol (7-dehidrokolesterol) yang ada dalam kulit menjadi calcitriol.

Senyawa ini kemudian langsung disalurkan ke hati dan ginjal untuk menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin D nantinya berperan besar dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta membantu fungsi sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf berjalan dengan optimal.



Maka itu, kolesterol diperlukan untuk tetap sehat, tetapi kadar yang tinggi berbahaya. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More