Ini 5 Hal Penting yang Perlu Diketahui dari Vaksinasi Covid-19 Anak 6-11 Tahun

Selasa, 14 Desember 2021 - 16:03 WIB
Vaksinasi Covid-19 ini bertujuan untuk melindungi anak dari ancaman Covid-19 dan mencegah risiko penularan virus dari anak terhadap orang di sekitarnya. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
JAKARTA - Pemerintah resmi memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa (14/12/2021). Vaksinasi ini bertujuan untuk melindungi anak dari ancaman Covid-19 dan mencegah risiko penularan virus dari anak terhadap orang di sekitarnya.

Sebagaimana diketahui, Menteri Kesehatan , Budi Gunadi Sadikin mengatakan, syarat kabupaten dan kota yang boleh menerima vaksin Covid-19 anak usia 6-11 tahun adalah harus telah memenuhi kriteria 70 persen vaksinasi pertama dan 60 persen vaksinasi untuk lansia.

Saat ini ada sekitar 115 kabupaten/kota di beberapa provinsi yang telah teridentifikasi dan memenuhi kriteria tersebut.



Terkait hal tersebut, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama Sp P(K), MARS mengatakan, ada lima hal penting yang wajib disampaikan kepada masyarakat mengenai vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun.



1. Secara global memang secara proporsional lebih banyak kasus dan kematian pada dewasa, tapi kasus dan kematian pada anak akibat Covid-19 memang sudah terjadi.

2. Dalam sebagian kecil kasus pada anak dapat terjadi (walau amat jarang) sindroma hiperinflamatori, yang dikenal sebagai paediatric inflammatory multisystem syndrome temporally associated with SARS-CoV-2 (PIMS-TS) di Eropa dan multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) di Amerika Serikat.

3. Di Indonesia, diberitakan akan diberikan vaksin Sinovac pada anak-anak. Amerika Serikat merekomendasi pemberian vaksin Pfizer untuk anak usia 5 sampai 11 tahun.

Otoritas kesehatan di Tiongkok juga sudah menyetujui penggunaan dua vaksin inaktivasi yaitu Sinovac-CoronaVac dan BBIBP-CorV untuk anak usia 3-17 tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More