5 Kuliner Khas Jawa Barat yang Penuh Filosofi, Cita Rasa Melegenda

Senin, 07 Maret 2022 - 13:24 WIB
2. Moci



Kue dari beras ketan seukuran kelereng ini menjadi salah satu kuliner dan buah tangan khas Kota Sukabumi. Moci sendiri merupakan makanan dari Jepang. Konon, moci di Sukabumi hadir pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Ketika itu, banyak keluarga di Sukabumi yang bekerja pada Jepang, sehingga menyerap ilmu membuat kue moci.

Tetapi, beberapa sumber sejarah lain menyebutkan bahwa moci pertama kali dikenalkan oleh orang-orang keturunan Tionghoa pada 1960-an. Saat itu, mereka tidak diperkenankan bekerja oleh pemerintah, sehingga membuat moci untuk menyambung nyawa.

Terlepas dari sejarah asal-usulnya, saat ini, moci telah menjelma menjadi oleh-oleh paling masyhur dari Sukabumi. Bahkan, seiring berjalannya waktu, kulit moci dan isiannya berkembang. Tak hanya isian kacang, namun juga cokelat, pandan, selai stroberi, teh hijau hingga keju.



3. Galendo



Berkunjung ke Kabupaten Ciamis tak lengkap rasanya kalau pulang tanpa membawa galendo. Kuliner yang terbuat dari saripati minyak kelapa ini rasanya manis dan gurih di mulut. Galendo bisa disantap langsung atau jadi campuran masakan khas Ciamis lainnya, seperti dage atau colok gebrug.

Proses pembuatan galendo memakan waktu yang cukup lama. Awalnya, ratusan butir kelapa dikupas dan diparut menggunakan mesin. Hasil parutan kemudian disaring dan diambil saripatinya dan diendapkan beberapa jam.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More