5 Kuliner Khas Jawa Barat yang Penuh Filosofi, Cita Rasa Melegenda

Senin, 07 Maret 2022 - 13:24 WIB
5. Empal Gentong



Empal gentong merupakan sajian kuliner istimewa khas Cirebon. Sekilas, kuliner ini mirip dengan gulai. Padahal, dari cara pembuatan dan penyajiannya berbeda. Pada awalnya, empal gentong dibuat dari daging kerbau. Salah satu keunikannya, daging kerbau tersebut dimasukkan ke dalam gentong yang terbuat dari tanah kemudian dimasak dengan menggunakan kayu asam.

Empal gentong awalnya diciptakan oleh masyarakat Desa Battembat pada 1950-an. Kala itu, jumlah kerbau ternak di desa itu sangatlah banyak, sehingga para wanita desa ditantang untuk menyajikan kuliner lezat dari daging kerbau.

Namun, lambat laun, bahan dasar empal gentong tak melulu menggunakan daging kerbau, beralih ke daging sapi karena memasuki 1980-an, daging kerbau mulai sulit didapatkan. Para peternak saat itu dikisahkan mulai beralih beternak sapi.

Sumber lainnya menyebutkan bahwa empal gentong sedianya telah hadir sejak abad ke-15 di Cirebon. Kuliner ini merupakan produk akulturasi dari empat budaya, yakni budaya Arab, China, India dan Indonesia. Kala itu, Cirebon ibarat menjadi persinggahan pedagang dari Jalur Sutra.
(dra)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More