5 Obat Tradisional Penurun Kolesterol, Alami dan Khasiatnya Diyakini Ampuh!

Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:50 WIB
Fakta itu juga didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat pada jurnal Nutrition Research and Practice, di mana bawang putih terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.



3. Lidah Buaya

Tanaman yang terkenal sebagai obat tradisional untuk kecantikan dengan sejumlah manfaatnya seperti menyehatkan rambut dan kulit wajah. Namun, lidah buaya ternyata juga bisa untuk penurun kolesterol herbal.

Lidah buaya yang kaya vitamin seperti vitamin B3 (asam nikotinat), vitamin C, enzim lipase, dan asam folat dipercaya dapat menebas kolesterol jahat dalam tubuh secara efektif.

4. Angkak/Beras Ragi Merah

Angkak atau beras ragi merah sering kali dipilih oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet sebagai menu pengganti nasi putih. Hal ini karena bahan makanan yang terbuat dari fermentasi dengan menambahkan ragi monascus purpureus pada beras merah ini dipercaya mampu menurunkan kolesterol.

Dalam penggunaannya sebagai obat tradisional untuk kolesterol, angkak memiliki senyawa kimia yang mirip dengan yang ditemukan pada obat statin. Senyawa kimia tersebut dikenal dengan nama monacolin K.

5. Daun Binahong

Secara turun-temurun, daun binahong sering digunakan dalam berbagai terapi pengobatan herbal dan tradisional untuk mengobati sejumlah penyakit dalam seperti hipertensi, asam urat, tipes, pegal linu, hingga kolesterol dan diabetes.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More