Ini Pentingnya Konseling Pernikahan dalam Kehidupan Rumah Tangga

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:58 WIB
5. Kecanduan

Tahukah kamu? Kecanduan bisa menjadi penyebab utama timbulnya permasalahan dalam hubungan suami-istri, lho. Tidak hanya pada obat-obatan terlarang, kecanduan juga bisa disebabkan oleh alkohol, pornografi, judi, hingga kebiasaan menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu.

Jika kecanduan pada hal tertentu memicu retaknya hubungan kamu dan pasangan, mungkin permasalahan tersebut bisa didiskusikan bersama konselor.

Cara Memilih Konselor Pernikahan yang Tepat

Sebelum menjalani konseling pernikahan, kamu dan pasangan harus memilih konselor yang tepat. Disampaikan Psikolog Ikhsan, salah satu cara memilih terapis pernikahan adalah pilih konselor yang tersertifikasi dalam memberikan konseling pernikahan.

"Cari konselor yang memang masih terdaftar atau memiliki izin praktik. Sehingga, lebih teruji dan tepat dalam memahami permasalahan yang terjadi," katanya.

Selain itu, menurut Good Therapy, kamu dan pasangan juga harus cocok dengan konselor yang bersangkutan. Beberapa hal lain yang harus diperhatikan saat memilih konselor pernikahan, di antaranya:

- Konselor berpengalaman menghadapi isu pernikahan yang sedang dihadapi kamu dan pasangan

- Terapis pernikahan menunjukkan rasa peduli kepada kedua belah pihak dan tidak memihak salah satu saja

- Konselor tidak mengizinkan kamu maupun pasangan mengganggu atau menyela satu sama lain ketika bercerita dalam sesi konseling
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More