Puas! Menikmati Wisata Alam, hingga Kuliner di Desa Bonjeruk, Lombok Tengah

Rabu, 17 Agustus 2022 - 11:37 WIB
Ibu-ibu di Desa Bonjeruk kerap menenun di kala waktu luangnya sehingga pembuatan satu kain tenun bisa memakan waktu satu bulan lamanya. Untuk harga satu helai kain tenun Lombok dihargai Rp200.000-Rp300.000 tergantung lebar atau kecil kain tenun.

Saat berkunjung ke desa ini, Anda juga bisa belajar membuat Kriya Bambu atau kerajinan tangan yang berbahan dasar bambu, seperti kriya caping, dinding rumah, atap rumah. Bahan-bahan kerajinan bambu ini juga berasal asli dari Desa Bonjeruk.

Di sini para bapak-bapaknya memiliki hobi bermain gangsing. Umumnya gangsing terbuat dari kayu dan besi. Desa Bonjeruk ini terdapat komunitas pecinta gangsing yang merupakan permainan tradisional yang berkembang dari generasi ke generasi.

Berburu Wisata Kuliner yang Unik dan Lezat

Berwisata belum lengkap rasa jika tidak berburu kuliner khas. Ada beragam kuliner unik dan lezat yang bisa dicicipi di Desa Wisata Bonjeruk ini, salah satunya Ayam Merangkat. Olahan tradisional yang berbahan dasar ayam ini bisa dijumpai di Pasar Bambu dengan suasananya yang nyaman, asri, dan khas pedesaan.

Ayam Merangkat ini diolah dengan cara dibakar, sebelumnya, ayam terlebih dahulu dibaluri bumbu ulek yang terdiri dari bawang putih, cabe, garam, serta daun jeruk. Saat menyantap Ayam Merangkat bisa ditambah dengan menu tempe, tahu, dan sayur untuk menambah kelezatan.

Desa Wisata Bonjeruk memang dikenal sebagai surganya kuliner di Lombok, selain Ayam Merangkat, kuliner yang tak kalah nikmatnya, Anda juga bisa menikmati minuman khas yakni Jaselaku yang terdiri dari bahan jahe, sereh, kayu manis, asam jawa, lada, garam ditambah dengan gula. Selain garam dan gula, semua bahan membuat minuman Jaselaku tersebut, dihasilkan asli dari Desa Bonjeruk.

Dengan beragam bahan tersebut jamu tradisional khas Desa Bonjeruk ini, tentu memiliki segudang manfaat. Untuk bisa menikmati jamu ini, Anda hanya cukup merogoh kocek Rp10.000 untuk kemasan botol siap minum, sementara untuk Jaselaku bubuk dibandrol dengan harga Rp15.000/kemasan.

Selain ayam merangkak dan jamu Jaselaku, Desa Wisata Bonjeruk memiliki kuliner lainnya yang tak kalah lezat dengan masih berbahan dasar jahe yaitu Jaje Ragi. Jaje Ragi permen jahe yang terbuat dari kelapa sangarai, gula aren,jahe dan pala.

Untuk bisa menikmati permen Jaje Ragi, Anda tak perlu repot karena peremen ini tak hanya di jual di toko oleh-oleh Lombok, tapi dipasarkan ke seluruh Indonesia melalui e-commerce. Jadi, Bagi Anda yang tinggal di luar Lombok bisa menikmati manis pedasnya permen ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More