Cek Diri, Jangan Sampai Kita Termasuk 7 Manusia Terburuk Menurut Rasulullah

Jum'at, 10 Juli 2020 - 05:13 WIB
Dalam kehidupan kita, mungkin kerap tererat pada perbuatan nista dan tercela. Perbuatan-perbuatan tersebut terkadang tak bisa dihindari dan terus terulang hingga membuat dosa-dosa menggunung. Foto : Ilustrasi/Istimewa
MAKASSAR - Dalam kehidupan kita, mungkin kerap terjerat pada perbuatan nista dan tercela. Perbuatan-perbuatan tersebut terkadang tak bisa dihindari dan terus terulang hingga membuat dosa-dosa menggunung. Tobat menjadi jalan keluar terbaik, agar kita terhindar dari kriteria manusia paling buruk menurut Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam. Nausubillah.

Inilah kriteria manusia-manusia paling buruk dan sifat-sifat tercela yang harus kita hindari agar kita selamat di akhirat maupun di dunia.

3. Manusia yang Enggan Sadar Terhadap Ayat Suci Alquran

Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam bersabda " Di antara manusia yang terburuk adalah seorang pendurhaka lagi kurang ajar yang mem

6. Manusia yang Panjang Umurnya tapi Jelek Amal Perbuatannya



Suatu hari seseorang bertanya kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wassalam, "Orang seperti apakah yang paling baik?," beliau menjawab "Orang yang panjang umurnya dan baik amalannya,". Dia bertanya lagi "lalu orang seperti apa yang paling buruk," Beliau menjawab "Orang yang panjang umurnya tapi jelek amal perbuatannya," (HR Tirmidzi).

7. Manusia yang Tidak Bisa Diharapkan Kebaikannya Justru Tidak Bisa Dirasa Aman dari Keburukanya

"Yang terbaik diantara kalian adalah orang yang diharapkan kebaikannya dan dirasa aman dari keburukannya. Sedangkan orang terburuk di antara kalian adalah orang yang tidak bisa diharapkan kebaikannya, justru tidak bisa dirasa aman dari keburukannya," (HR Tirmidzi).
(sri)