alexametrics

Beragam Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Mencegah Covid-19

loading...
Beragam Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Mencegah Covid-19
Kegunaan luar biasa air kelapa bisa dirasakan apabila dikonsumsi rutin dalam takaran yang tepat. / Foto: ilustrasi/Celebrity Angels
A+ A-
JAKARTA - Air kelapa memiliki beragam nilai manfaat. Kegunaan luar biasa ini bisa dirasakan apabila dikonsumsi rutin dalam takaran yang tepat. Meningkatkan kebugaran tubuh, air kelapa juga dipandang sebagai benteng ideal terhadap infeksi Covid-19. Beragam keunggulannya pun dikupas melalui webinar "Bahaya Penyakit Penyerta pada Pasien Covid-19", akhir pekan lalu (11/7).

(Baca juga: 6 Imbauan Perhimpunan Dokter Paru Terkait Transmisi COVID-19 lewat Udara)

"Air kelapa punya banyak manfaat, khususnya untuk mencegah munculnya penyakit penyerta Covid-19. Jangan sampai daya tahan tubuh turun karena akan rentan terhadap infeksi Covid-19. Jangankan Covid-19, penyakit lain juga muncul mulai dari influenza biasa hingga lainnya," ungkap keynote speaker DR Med, Dr. Maya Surjadjaja, M. Gizi, Sp. GK, FAAMFM.

Mengacu penelitian, potensi besar dimiliki air kelapa. Manfaat tersebut muncul dari uji coba terhadap manusia hingga hewan. Melalui uji coba pada manusia, air kelapa menjadi katalis bagi hipertensi dan diare. Manfaatnya semakin luas sebagai anti oksidan hingga rehidrasi. Saat diujicobakan kepada tikus dan kelinci didapatkan sedikitnya tujuh fakta manfaat. Berada dalam tubuh hewan, air kelapa mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Bisa menurunkan kolesterol, trigliserida, hingga mengurangi perlemakan hati.



Lalu, bagaimana dengan pasien hipertensi? air kelapa muda segar mampu menurunkan tekanan darah sostolik. Caranya, air kelapa muda dikonsumsi 300 ml dalam 2 kali sehari selama 14 hari beruntun.

Air kelapa muda ini memiliki kandungan kalium hingga 600 mg/240 ml. Pada masa itu, terjadi pelebaran pembuluh darah dan memperbaiki fungsi endotel. Air kelapa juga menjadi anti thrombosis atau penggumpalan darah. Mampu mencegah batu ginjal hingga signifikan mengurangi massa lemak. Dr. Maya menambahkan, fungsi air kelapa optimal bila dikonsumsi sesuai takarannya.



"Untuk mengonsumsi air kelapa tidak bisa dilakukan sembarangan. Semua ada aturan juga takaran yang harus dipenuhi. Apalagi, kalau sudah spesifik untuk treatment penyakit tertentu," ungkapnya.

(Baca juga: Menakar Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak