Deretan Jenis Olahraga yang Tepat untuk Penderita Saraf Kejepit

Selasa, 24 Januari 2023 - 11:23 WIB
loading...
A A A
1. Renang

Berenang dianggap paling cocok untuk penderita saraf kejepit, karena saat berada di dalam air, berat badan akan terasa lebih ringan, sehingga mampu mengurangi beban tubuh ketika bergerak.

"Saat berenang ada gaya pendorong dari air, jadi beban tidak terlalu berat, tapi gerakan memperkuat struktur otot dapat dilakukan," kata dr. Rizky pada awak media secara daring, beberapa waktu lalu.

2. Pilates

Pilates juga dinilai baik untuk penderita saraf kejepit, karena akan membenarkan postur tubuh. Tapi, Anda harus stop pilates jika nyeri akibat saraf kejepit semakin bertambah.

3. Jalan Kaki

Olahraga ini aman untuk penderita saraf kejepit. Pastikan gunakan alas kaki yang nyaman dan kalau dirasa sudah tidak kuat, jangan dipaksakan.

4. Peregangan Otot

Laporan SehatQ merekomendasikan gerakan peregangan otot seperti glute bridge, knee-to-chest stretch, pelvic tilt, belly to spine, chin tuck, dan leg lifts untuk penderita saraf kejepit.

Sebab, peregangan otot dengan gerakan tersebut dianggap baik untuk menurunkan rasa nyeri di area saraf kejepit. Gerakan ini harus dilakukan dengan benar dan perlahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1603 seconds (0.1#10.140)