5 Jenis Daun yang Mengandung Khasiat Kesehatan, Banyak Tumbuh di Indonesia

Minggu, 29 Januari 2023 - 17:05 WIB
loading...
A A A
Sebutan lain daun kelor yaitu moringa yang menjadi sumber sangat baik dari banyak vitamin dan mineral. Satu cangkir daun kelor segar cincang (21 gram) mengandung protein 2 gram, vitamin B6 19%, vitamin C 12%, besi 11%, riboflavin (B2) 11%, vitamin A 9%, dan magnesium 8%.

Kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengendalikan gula darah.



4. Daun Seledri

Biasa digunakan dalam olahan sayur, daun seledri ternyata punya khasiat untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

Secara umum seledri diketahui kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan. Kandungan antioksidan dalam daun seledri mampu menangkal bahaya radikal bebas.

5. Daun Pepaya

Bukan hanya buah pepaya yang bermanfaat bagi kesehatan, daunnya juga sama. Melansir laman Healthline, daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan rakyat Meksiko sebagai terapi alami untuk mengatasi diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah.

Khasiat lain, ekstrak daun pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala penyakit pencernaan yang tidak nyaman seperti gas, kembung, dan mulas.

"Daun pepaya mengandung serat nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat dan senyawa unik yang disebut papain," demikian laporan Healthline.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)