5 Burung Kicau dengan Suara Indah yang Sering Dipelihara Orang Indonesia, Murai Batu Paling Disukai

Selasa, 31 Januari 2023 - 14:37 WIB
loading...
A A A
Burung kacer identik dengan warna hitam dan putih. Badannya yang langsing membuat kacer bisa bergerak lincah sambil mengeluarkan siulan.

Kacer diketahui sebagai salah satu jenis burung dengan persebaran yang cukup luas. Ia bisa ditemukan di India sampai Bangladesh, Filipina, Malaysia, dan Pulau Jawa. Ukuran serta berat burung ini kira-kira 19-21 cm dan 29-51,3 gram.

Bagian kepala, dada, punggung, serta pangkal sayap burung kacer berwarna hitam, sedangkan bagian perut, sayap, dan tungging berwarna putih. Perbedaan burung kacer jantan dan betina adalah, kacer jantan dinilai cocok untuk diikutsertakan dalam lomba karena lebih suka berkicau dan memiliki sifat semangat. Sedangkan, kacer betina cenderung lebih lemah dari segi fisik maupun suara.

Burung ini memiliki 6 jenis yaitu kacer poci, kacer jawa, kacer kalimantan, kacer blorok, kacer madagaskar, dan kacer filipina.



3. Burung Kenari
5 Burung Kicau dengan Suara Indah yang Sering Dipelihara Orang Indonesia, Murai Batu Paling Disukai

Foto/Pixabay

Burung kenari dikenal memiliki tubuh yang kecil, akan tetapi suaranya begitu nyaring. Kenari adalah salah satu burung yang digemari untuk kontes kicau. Alasannya, selain suara kicaunya yang begitu nyaring, kenari mudah beradaptasi sehingga mudah untuk dipelihara.

Ciri khas utama burung ini dapat dilihat dari postur serta kombinasi warna bulunya yang unik. Suara yang dikeluarkan oleh burung ini seperti irama sehingga bisa dibilang kenari kaya akan kicauan.

Selain mudah beradaptasi dan memiliki suara nyaring, burung ini juga jinak dan tidak mudah stres. Burung kenari merupakan jenis satwa arboreal dan menghabiskan waktunya di atas pohon. Makanan utama burung ini adalah biji-bijian. Selain itu mereka juga mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, telur dan kroto, serta roti kering.

4. Burung Lovebird

5 Burung Kicau dengan Suara Indah yang Sering Dipelihara Orang Indonesia, Murai Batu Paling Disukai

Foto/Freepik

Lovebird memiliki ukuran 13-17 cm dengan berat 40-60 gram. Burung ini mempunyai sifat keterikatan sosial yang kuat. Mereka cenderung terlihat bertengger bersama pada cabang pohon dalam lingkup sosial jangka panjang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)