10 Jenis Burung dengan Harga Fantastis, Ada yang Terjual hingga Rp1,5 Miliar

Rabu, 01 Februari 2023 - 12:30 WIB
loading...
A A A
Burung tukan atau toucans merupakan burung endemik dari negara Brasil. Hewan omnivora yang bisa hidup hingga 20 tahun ini memiliki ciri khas sendiri yang membuat burung tukan dijual dengan harga fantastis.

Burung tukan memiliki bentuk paruh yang unik dan besar berwarna kuning kemerahan. Warna-warna tubuhnya juga hitam mencolok, cantik, dan bernuansa tropis sehingga banyak orang yang ingin membeli burung satu ini. Dengan warna tubuhnya yang indah, tak heran burung paruh besar ini harganya sangat tinggi, yaitu mencapai Rp70-117 juta. Burung tukan juga banyak ditemukan di Indonesia, khususnya di kebun binatang.

4. Murai Batu

Burung murai batu juga tak kalah populer di kalangan pecinta burung. Banyak pecinta burung memelihara burung satu ini karena memiliki kicauan yang merdu dan khas, serta keahlian menirukan suara burung lain. Selain kicauan merdu, ciri khas dari burung ini adalah memiliki ekor panjang yang bisa mencapai 27 sampai 35 cm.

Habitat asli burung murai terletak di Pulau Sumatera, Jawa dan Semenanjung Malaysia. Harga burung murai batu cukup bervariasi. Murai batu biasa harganya bisa mencapai Rp2 juta per ekor. Sementara untuk murai batu jawara, kisarannya mulai Rp50-800 juta. Bahkan Presiden Jokowi pernah menawar kepada pemilik murai batu yang telah memenangkan perlombaan pada 2018 dengan harga Rp600 juta.

5. Lovebird

Di kalangan pecinta burung, lovebird merupakan salah satu jenis yang paling banyak disukai untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Sebab, burung endemik Afrika ini memiliki tubuh yang mungil dan warna bulunya yang cantik. Selain warnanya yang cantik, suara kicauan burung ini juga sangat nyaring.

Uniknya, nama lovebird sendiri diambil dari tingkah laku mereka yang akan selalu duduk saling berdekatan dan menyayangi satu sama lain. Harga burung itu biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp10 juta. Namun, ada beberapa jenis lovebird yang harganya mencapai Rp30 juta jika memiliki prestasi di kejuaraan burung.

6. Merpati Balap

Merpati balap atau racing pigeon merupakan salah satu jenis burung termahal di dunia. Tak main-main, merpati balap ini pernah ditaksir dengan harga yang mencapai 1,6 juta euro atau setara dengan Rp26 miliar dalam lelang online. Di Indonesia, burung ini juga banyak diperjualbelikan. Seorang pemilik merpati balap warga Pekalongan, Muhammad Juned berhasil menjual burung miliknya seharga Rp1,5 miliar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)