Nunung Divonis Idap Kanker Payudara, Kenali Gejala Khusus yang Biasa Muncul

Kamis, 02 Februari 2023 - 10:40 WIB
loading...
A A A
3. Perhatikan juga jika terdapat luka pada bagian payudara yang tidak sembuh.

4. Keluar cairan dari puting.

5. Terdapat cekungan atau tarikan di kulit payudara.

"Gejala kanker payudara bisa dideteksi sendiri dengan melakukan SADARI atau periksa payudara sendiri," tulis Kemenkes dalam lamannya, dikutip Kamis (2/2/2023).

Lantas, bagaimana cara melakukan SADARI? Berikut langkah-langkah dari Yayasan Kanker Indonesia yang bisa Anda ikuti saat melakukan SADARI 7-10 hari setelah menstruasi.

1. Berdiri tegak. Cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan/atau perubahan pada puting. Bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris adalah hal yang wajar.

2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Kemudian, dorong siku ke depan dan cermati payudara; dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara.

3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, condongkan bahu ke depan, sehingga payudara menggantung, dan dorong kedua siku ke depan, lalu kencangkan (kontraksikan) otot dada Anda.

4. Angkat lengan kiri ke atas, dan tekuk siku sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari arah tepi payudara ke puting, dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan Anda.

5. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting. Berkonsultasilah ke dokter seandainya hal itu terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2857 seconds (0.1#10.140)