Bukan karena Covid-19, Anak Muda Korsel Kini Jadikan Masker Hanya untuk Gaya

Selasa, 07 Februari 2023 - 13:41 WIB
loading...
A A A


Bahkan, sempat muncul istilah magikkun, yang berarti seseorang terlihat lebih rupawan saat memakai masker. Kata tersebut mulai banyak digunakan di media sosial Korea Selatan.

Magikkun sendiri merupakan gabungan antara kata "mask" dan "sagikkun" yang artinya penipu dalam bahasa Korea. Sehingga, kata tersebut digunakan untuk menyebut penampilan bermasker seseorang adalah tipu muslihat.

Frasa serupa juga banyak digunakan di media sosial dengan sebutan mask fishing yang diambil dari istilah catfishing, artinya untuk menggambarkan pemalsuan identitas sesorang, khususnya di ruang daring. Namun, kali ini penipuan dilakukan dengan masker.

Di Tiktok, terdapat ribuan unggahan video yang menggunakan tagar #maskfishing. Kebanyakan dari konten itu terdiri dari remaja dan orang muda yang melakukan tantangan viral bertajuk "Apakah saya mask fishing?"

Model dan influencer asal Korea Selatan, Hanna Kim, yang dinobatkan sebagai Miss Universe Korea 2022, mengatakan bahwa dia pernah mengalami hal yang mirip dengan mask fishing saat diajak berkencan oleh seorang pria pengguna masker.

"Saya harus membuat keputusan sulit dan mengatakan Saya minta maaf tapi sepertinya ini tidak bisa berlanjut," kata Hanna Kim yang akhirnya merasa kecewa ketika pria itu melepas maskernya.

"Saya dulu sering khawatir apakah orang akan berpikir muka saya ketika menggunakan masker dan tanpa masker akan terlihat beda. Walaupun alasan utama menggunakan masker tentu adalah Covid," tambahnya.

Bahkan, kata dia, ada banyak teman-temannya yang merasa lebih nyaman menggunakan masker karena mereka tidak perlu merias wajah dengan makeup atau mereka bisa menyembunyikan masalah kulit.

2. Masalah Harga Diri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)