Usai Pernikahan Kaesang, Festival Musik Bakal di Gelar di Pura Mangkunegaran

Jum'at, 10 Februari 2023 - 18:07 WIB
loading...
Usai Pernikahan Kaesang, Festival Musik Bakal di Gelar di Pura Mangkunegaran
Setelah sukses menggelar pernikahan Kaesang dan Erina, Pura Mangkunegaran bakal menggelar Festival Musik Ramaikan Laras Hati Mangkunegaran 2023 pada 12 Maret 2023 mendatang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setelah sukses menggelar pernikahan Kaesang dan Erina, Pura Mangkunegaran bakal menggelar Festival Musik Ramaikan Laras Hati Mangkunegaran 2023 pada 12 Maret 2023 mendatang.

Sejumlah artis bakal hadir diantaranya, RAN, Marion Jola, Vina Panduwinata. Grup musik Diskoria, penyanyi Brigitta Hardi Ft Voca Erudita, Endah Laras, serta penampilan Tribute to Didi Kempot.

Ketua Penyelenggara Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023 Marah Andikha mengatakan, festival itu menghadirkan musisi lintas generasi dalam kolaborasi kesenian tradisional dan kontemporer.

“Festival ini memadukan berbagai bakat dan kreatifitas dalam satu acara,” katanya dalam siaran pers, Jumat (10/2/2022).



Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023 diselenggarakan menjadi bagian dari perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran yang berdiri pada 17 Maret 1757 setelah Perjanjian Salatiga.

Kala itu, Pura Mangkunegaran merupakan daerah otonom dengan wilayah terentang dari Kedaung hingga Kedu, Jawa Tengah. Kerajaan itu menyatakan bergabung dengan Republik Indonesia setahun setelah Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Saat ini, Pura Mangkunegaran aktif merawat tradisi dan menjalin relasi dengan kerajaan-kerajaan lain di luar Indonesia lewat berbagai kunjungan misi kebudayaan.

Pura Mangkunegaran dipimpin oleh Raja Mangkoenagoro yang kini memasuki generasi ke-10. Raja Pura Mangkunegaran saat ini yaitu Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X, naik tahta pada 12 Maret 2022.

Dalam siaran pers itu, KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan terselenggaranya festival ini dapat meningkatkan pariwisata di Kota Solo dengan mengedepankan seni dan kebudayaan melalui musik dan kuliner.

“Festival ini bisa memberikan kegembiraan bagi masyarakat Solo dan sekitarnya,” ujar Kanjeng Gusti.

Untuk tiketnya, penyelenggara menyediakan tiket kategori festival dan super festival yang akan dijual seharga Rp145.000, sementara tiket super festival dibanderol Rp400.000.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)