STEAM Expo 2023 Integrasikan Pemikiran dan Praktik dengan Efektif

Senin, 06 Maret 2023 - 08:01 WIB
loading...
A A A
"Pendekatan ini dapat merangsang pemahaman holistik dan pemikiran kritis, yang menjadi bukti efektivitas pendekatan STEAM dalam mengembangkan kompetensi peserta didik," lanjut dia.

Menariknya, pada tahun ini, Sampoerna Academy untuk kali pertama membuka STEAM Expo untuk sekolah lain, yakni STEAM Inter-School Competition 2023. Hal ini dilakukan lantaran tingginya animo dan permintaan dari siswa maupun sekolah lain untuk berpartisipasi.

Mengusung tema 'Build, Create, & Innovate', Sampoerna Academy Medan Citra turut menjadi salah satu tuan rumah kompetisi STEAM antar sekolah tersebut.

"Acara ini diadakan sebagai upaya kami untuk membuka kesempatan bagi siswa dari sekolah lain untuk menciptakan, berkreasi, dan mempresentasikan inovasi terkait topik yang mereka minati melalui karya atau proyek dengan pendekatan STEAM," jelas Mary Jane.

Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan STEAM ini dapat menjadi momentum buat seluruh siswa dalam menunjukkan nilai-nilai Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, & Excellence (IGNITE).

STEAM Expo 2023 Integrasikan Pemikiran dan Praktik dengan Efektif
(Foto: SINDOnews/Wahyu Nugroho)

"Di samping itu, kami juga berharap STEAM Expo 2023 akan memberikan pengalaman belajar yang luar biasa, baik bagi siswa, orang tua, hingga masyarakat umum. Kami juga berharap acara ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi anak-anak dan remaja untuk bisa menjadi inovator muda yang mampu berpikir kritis dan menciptakan masa depan yang lebih baik," papar Mary Jane.

Sementara itu, STEAM Expo pada tahun ini digelar serentak di semua sekolah Sampoerna Academy di Indonesia, yakni Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya, dan Medan. Berlangsung selama 2-4 Maret 2023, STEAM Expo 2023 berhasil mengumpulkan total lebih dari 1.000 karya.

Baca juga: Rayakan Ultah di Panggung Sound of Love, Thomas Ramdhan: Ini Sangat Spesial

"Untuk Sampoerna Academy Medan sendiri terdapat 321 karya yang didaftarkan dengan beberapa highlight proyek yang dapat dilihat di Sampoerna Academy Medan Citra. Proyek tersebut meliputi Mini Plane Engine, Solar Panel Robot, DIY Claw Machine, Math Boar Game, Solar Powered Plant Watered, Upcycling Tote Bag, dan lainnya," tutup Mary Jane.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)